Targetkan 70 Persen Lansia Sudah Tervaksin Dalam Dua Pekan

Berita Terbaru

KADEMANGAN - Capaian sasaran vaksinasi lansia Kota Probolinggo yang masih dibawah target yakni di angka 26,5% (dosis ke-2), membuat Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin bergerak cepat. Ia pun menargetkan semua lansia segera tervaksin dalam waktu dua pekan mendatang.

Untuk memastikan vaksinasi berjalan lancar, Sabtu (6/11) Wali Kota Habib Hadi meninjau serbuan vaksinasi Covid 19 pada lansia di 4 lokasi berbeda. Dimulai dari Kantor Kelurahan Triwung Lor lalu ke Kelurahan Triwung Kidul, Kelurahan Curah Grinting, terakhir di Kantor Kecamatan Wonoasih.

"Saya ingin dalam waktu 2 minggu ini para lansia yang masih belum vaksin saya targetkan minimal 70% harus sudah tervaksin di dalam waktu 2 minggu ini," ungkap Wali Kota Habib Hadi di sela-sela peninjauan.

Sementara itu, untuk masing-masing pelaksana vaksinasi di tingkat kelurahan, Habib Hadi mengharapkan 80% warga kategori lansia mendapatkan vaksin. "Harapan saya masing-masing kelurahan itu minimal 80% sasaran untuk vaksinasi khusus bagi lansia," kata Wali Kota Habib yang kali itu menggunakan motor untuk roadshow ke lokasi vaksinasi.

Prosentase capaian vaksinasi bagi lansia ini menjadi penting, karena terkait penentuan kriteria penetapan level wilayah PPKM. Oleh karena itu wali kota mengajak masyarakat untuk bersama sama mensukseskan program vaksinasi bagi lansia agar kriteria PPKM berubah ke level 1. "Mari kita bersama-sama supaya kita bisa merubah level 3 ke level 1 dengan capaian vaksinasi lansia ini," ajak Habib Hadi.

Plt Kadinkes P2KB dr. NH Hidayati mengaku optimis mampu untuk mewujudkan target 70% lansia tervaksin dalam jangka waktu 2 minggu. "Ya, kami optimis, ini yang penting kan sinergitas dari 3 pilar juga didukung dari semuanya ya. Hari ini kami  menargetkan 1222 orang lansia tervaksin,” ungkapnya.

Terpisah, salah satu warga Kelurahan Triwung Kidul penerima vaksin Musrihah (68th) mengaku siap untuk di vaksin Covid19 dosis pertama. "Alhamdulillah sehat, berani, yang penting sehat," ungkapnya sembari menunggu cek kesehatan.

Adapun jumlah lansia yang divaksin di masing-masing lokasi, yakni di Kelurahan Triwung lor sebanyak 150 orang lansia, di Kelurahan Triwung Kidul sebanyak 150 orang lansia, di Kelurahan Curahgrinting sebanyak 100 orang lansia dan Kecamatan Wonoasih sekaligus meliputi 6 kelurahan dibawahnya sebanyak 222 orang lansia. Usai vaksinasi, Dinkes P2KB juga menyerahkan paket bantuan sembako bagi para lansia.

Turut hadir dalam peninjauan serbuan vaksinasi pada lansia kali ini antara lain Sekda Kota drg. Ninik Ira Wibawati, Plt Kadinkes P2KB dr. NH Hidayati, Kadis Kominfo Pujo Agung Satrio, Kadinsos P3A Rey Suwigtyo, Kepala DLH Rahmadeta Antariksa dan Kepala BKPSDM Wahono Arifin. (dewanta)

BAGIKAN