Wali Kota Habib Hadi Pimpin Upacara HUT Sat Pol PP-Satlinmas dan Damkar

Berita Terbaru

KANIGARAN - Masih dalam kemeriahan HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke- 71, Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke- 59 dan DAMKAR ke- 102, Pemerintah Kota Probolinggo menggelar Upacara HUT ketiganya di halaman kantor wali kota, Jalan Panglima Sudirman, Rabu (17/3) pagi. Upacara berlangsung khidmat dipimpin Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin, dihadapan kurang lebih 25 orang peserta berasal dari Polres Probolinggo Kota, Kodim 0820 Proolinggo, Sat Pol PP, DAMKAR dan Satlinmas.

Upacara yang juga digelar secara live melalui akun media sosial Pemerintah Kota Probolinggo itu dihadiri anggota forkopimda dan jajarannya, Sekda drg. Ninik Ira Wibawati, para asisten, para staf ahli, Perangkat Daerah (PD) di lingkungan pemkot.

Pagi itu, Wali Kota Habib Hadi membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri pada peringatan HUT Sat Pol PP ke- 71 mengusung tema Kesiapsiagaan Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat mendukung pencegahan dan pengendalian COVID 19 untuk Indonesia yang maju dan sehat. Dengan tema itu sudah sangat tepat dan menggambarkan realitas kesiapsiagaan anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat selama satu tahun terakhir ini dalam mendukung upaya pencegahan dan pengendalian serta pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan COVID 19.

Sedangkan tema HUT DAMKAR ke-102 adalah penyelamatan yang profesional, mandiri dan melayani dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru. “Peringatan HUT Sat Pol PP, Satlinmas dan DAMKAR ini hendaklah kita jadikan sebagai refleksi untuk bersikap semakin tegas namun tetap humanis, proaktif dalam menjalankan tugas di lapangan serta tetap konsisten menjaga citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana diamanatkan dalam Panca Wira Satya Polisi Pamong Praja,” kata Wali Kota Habib Hadi.

Dengan demikian anggota Satlinmas juga diharapkan senantiasa proaktif melakukan pengamatan situasi dan kondisi di wilayah tempat tinggal masing-masing dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi gangguan ketenteraman dan ketertiban umum. “Hal ini ini sangat penting mengingat anggota Satlinmas juga menjadi bagian dalam masyarakat di tempat tinggal masing-masing yang lebih memahami dan mengetahui setiap anggota masyarakat lainnya yang berada di lingkungannya,” ujarnya.

Dalam sambutan Mendagri tersebut terdapat poin-poin penting yang harus diperhatikan oleh seluruh anggota Sat Pol PP, Satlinmas dan DAMKAR, diantaranya pertama adalah tingkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung upaya pencegahan pengendalian serta pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan COVID 19.

Kedua adalah, tingkatkan pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan dalam mengawal urusan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat sebagai urusan pemerintahan wajib yang terkait dengan pelayanan dasar.

Ketiga adalah, perkuat koordinasi, integrasi dan sinkronisasi, baik secara vertikal maupun horizontal dengan berbagai instansi terkait atas dasar hubungan fungsional saling membantu dan saling menghormati.

Keempat adalah, perkuat pelaksanaan tugas yang tegas namun tetap humanis dan senantiasa memperhatikan aspek Hak Asasi Manusia serta citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana diamanatkan dalam Pancawira Satya Polisi Pamong Praja.

Kelima adalah, tingkatkan penegakan hukum disiplin protokol kesehatan bekerja sarana dengan unsure Polri dan TNI , dan berikan contoh baik kepada masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan COVID 19.

Usai upacara dilanjutkan dengan tasyakuran di ruang Command Center, dengan acara pemotongan tumpeng oleh Wali Kota Habib Hadi diberikan kepada Kasat Pol PP Aman Suryaman. “Momentum ini harapannya adalah kita semua bisa tetap kompak. Semua anggota dalam melaksanakan tugas, mengawal beberapa urusan yang penting terutama dalam mengendalikan COVID 19. Tentu juga menambah semangat kami (personel) dalam penanganan kegawatdaruratan, terutama DAMKAR,” harapnya. (dewi)

BAGIKAN