City branding merupakan identitas suatu kota yang berguna untuk memasarkan segala aktivitas dari kota tersebut terutama potensi wisata dan budayanya. Adapun city brading Kota Probolinggo adalah “Impressive Probolinggo City” sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 105 Tahun 2018 tanggal 16 Agustus 2018 tentang Logo City Branding Kota Probolinggo.
Impressive Probolinggo City dimaknai Kota Probolinggo yang berkesan, menginspirasi, memiliki potensi untuk dimaksimalkan dan menawarkan ragam pengalaman, pesona yang mengesankan bagi para wisatawan yang berkunjung dan investor yang datang ke Kota Probolinggo, dimana Kota Probolinggo masih memiliki adat istiadat dan budaya yang cukup kental serta memiliki banyak ragam budaya.
Secara rinci dapat dijelaskan tentang makna logo dan warna “Impressive Probolinggo City” sebagai berikut :
Makna Logo :
- Logotype Impressive Probolinggo City merupakan penggunaan huruf yang tidak kaku serta cenderung luwes, yang bermakna bahwa masyarakat Kota Probolinggo terdiri dari 4 (empat) sub culture besar yang ada di Kota Probolinggo yaitu etnis Jawa, etnis Madura, etnis Arab, dan etnis Tionghoa yang bisa hidup berdampingan dengan rukun, sehingga timbul budaya baru yang unik dan humble, dengan warna yang cerah sebagai ciri budaya dari masyarakat Pendhalungan sehingga memberikan pesan dinamis yang berkembang
- Logogram Mangga dan Laut berwarna Biru berbentuk menyerupai ombak, merupakan simbol elemen air dan angin, dimana Kota Probolinggo yang berada di daerah pantai memiliki keunggulan dan potensi dari sektor sumber daya alam laut serta angin yang menjadi julukan “Kota Angin/Bayu”
- Logogram Mangga dan Laut berwarna Hijau berbentuk menyerupai daun, merupakan simbol warna alam, pertanian, potensi sumber daya alam, daun anggur dan mangga (Angga) sebagai ikon utama dari Kota Probolinggo serta melambangkan kehidupan, kesegaran serta pembaharuan serta kedamaian meskipun Kota Probolinggo memiliki berbagai macam budaya dan agama yang beragam tapi tetap rukun dn tentram serta masyarakatnya yang religius.
- Logogram Mangga dan Laut berwarna Orange merupakan representasi dari kondisi Kota Probolinggo yang penuh dengan kehangatan serta keramahan, hubungan sosial yang ramah dan nyaman serta representasi dari buah mangga Arum Manis yang merupakan buah khas Kota Probolinggo.
- Logogram Mangga dan Laut berwarna Magenta adalah merupakan representasi perwujudan dari berbagai kumpulan potensi yang ada di Kota Probolinggo dengan harmonisasi aspek budaya, agama, pendidikan, potensi sumber daya alam, serta masyarakat Kota Probolinggo yang humble dan menyenangkan.
Makna Warna :
- Merah, mempunyai makna semangat yang merupakan representasi dari Kota Probolinggo sebagai wilayah yang kaya potensi, memiliki kekuatan serta ketegasan ciri khas warna yang kuat dan tajam sebagai bagian dari ciri khas masyarakat Pendhalungan dan masyarakat pesisir, mengindikasikan kedinamisan dan keramahan masyarakat Kota Probolinggo
- Biru, memiliki makna filosofi elemen air dan angin, dimana Kota Probolinggo yang berada di daerah pantai, warna biru juga bermakna ketenangan dan kualitas harmoni yang berasosiasi dengan laut dan langit
- Hijau, Mempunyai makna alam, tumbuh, keseimbangan, representasi dari kondisi Kota Probolinggo yang memiliki potensi alam yang luar biasa berlimpah, dengan hutan mangrove, dan wisata baharinya serta melambangkan kehidupan, kesegaran serta pembaharuan
- Orange, Melambangkan kehangatan, kenyamanan, keceriaan, bahkan optimisme
- Magenta, Warna magenta merupakan perpaduan antara warna merah dan ungu, yang mampu menciptakan keseimbangan sub culture besar yang ada di Kota Probolinggo (etnis Jawa, etnis Madura, etnis Arab, etnis Tionghoa) serta budaya baru yaitu Pendalungan