Wali Kota Bakal Kembangkan Eco Pesantren

Berita Terbaru

KADEMANGAN - Minggu pagi (13/6) Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidn didampingi istri sekligus ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin hadiri kegiatan penanaman tanaman budidaya yang digelar MA Riyadlus Sholihin, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan.

“Dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup sedunia pada tanggal 5 Juni 2021 maka kami MA Riyadlus Sholihin mengadakan kegiatan dengan tema penanaman tanaman budidaya di MA Riyadlus Sholihin bersama Walikota Probolinggo,” terang Ketua Adiwiyata MA Riyadlus Sholihin Indah Yulianti membuka laporannya di depan wali kota dan segenap undangan.

Bibit yang ditanam adalah jenis buah-buahan yang diperoleh dari donasi Komtari Kehati (Komunitas Pelestari Keanekaragaman Hayati) DLH Kota Probolinggo, wali murid dan seluruh dewan guru MA Riyadlus Sholihin. Program sekolah adiwiyata adalah sebuah program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Setelah menyerahkan bibit tanaman kepada Kader Adiwiyata MA Riyadlus Sholihin, Wali Kota Habib Hadi bersama dengan pimpinan perangkat daerah antara lain Kepala DLH Rachmadeta Antariksa, Kepala Dispopar Budi Krisyanto, Kalaksa BPBD Kota Probolinggo Sugito Prasetyo, Camat Kademangan Gofur Effendy, Lurah Ketapang dan perwakilan Kemenag melakukan penanaman bibit tanaman di kawasan Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin..

Menurut Habib Hadi, selain untuk mewujudkan sekolah adiwiyata, kegiatan penanaman ini juga bisa dijadikan sebagai sarana edukasi kelestarian lingkungan bagi para siswa didik. “Tentunya ini suatu kegiatan yang bermanfaat khususnya untuk ikut serta andil adiwiyata dan menjaga kelestarian lingkungan, mengedukasi kepada anak didik yang ada disini,” jelas wali kota.

Habib Hadi berharap kegiatan serupa juga bisa dilakukan oleh lembaga pendidikan lainnya. “Jadi saya berharap semua lembaga-lembaga pendidikan bisa meningkatkan edukasi-edukasi yang positif sehingga mereka semua nantinya bisa turut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan dan bisa mengembangkan suasana yang nyaman, aman, asri di wilayah masing masing,” harapnya.

Selain dukungan terhadap program adiwiyata, Habib Hadi juga berencana untuk mengembangkan program eco pesantren, “Khususnya di lingkungan pondok pesantren ini kita akan berupaya untuk melakukan terobosan-terobosan yang mana eco pesantren ingin kita kembangkan disini,” kata Habib Hadi yang pagi itu ikut menanam bibit alpukat.

Terselenggaranya kegiatan penanaman tanaman budidaya ini juga tidak lepas dari dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo. “Jadi untuk pondok pesantren, sekolah ya kan, pemerintah selalu melakukan pembinaan dan dukungan, nah antara lain pagi ini kegiatannya juga didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup dengan penyediaan bibit -bibit, “ terang Kepala DLH Kota Probolinggo Rachmadeta Antariksa.

Ketua kader Adiwiyata MA Riyadlus Sholihin, Lutfi mengaku sangat senang Wali Kota Probolinggo dapat hadir dan mendukung program adiwiyata di MA Riyadlus Sholihin ini. “Alhamdulillah menurut saya kegiatan ini sangat berkesan, penuh kenangan terus foto sama Habib lagi. Masalahnya kalau kita gak ada penanaman budidaya seperti ini kalau seumpamanya ada tanah longsor gitu itu kan sulit pak,” terang siswa kelas 2 MA Riyadlus Sholihin ini. (dewa)

BAGIKAN